Tuesday, May 15, 2012

Tips Memilih Susu Agar Aman Dikonsumsi

Tips Memilih Susu Agar Aman Dikonsumsi

Susu yang disimpan terlalu lama bisa menyebabkan kualitas susu tersebut berkurang atau bahkan rusak, sehingga tidak aman lagi untuk dikonsumsi karena berbahaya bagi kesehatan kita. Berikut ini ada beberapa ciri dari susu yang sudah tidak aman untuk untuk dikonsumsi:
 Tips Memilih Susu Agar Aman Dikonsumsi

  1. Perhatikan adanya perubahan pada rasa dan aromanya, misal: asam; berbau tengik; atau basi dan sudah tidak segar lagi;
  2. Pada yogurt yang sudah tidak segar lagi biasanya ditandai dengan cairan yang terlihat menggumpal atau terpisah dan aromanya pun sudah tidak segar;
  3. Pada susu cair, sangat mudah sekali dalam membandingkannya dengan susu yang masih segar. Karena akan sangat terlihat pada perubahan warna, rasanya yang asam dan juga aromanya sudah tidak sedap.
Agar Susu Tidak Mudah Rusak
Penyimpanan susu yang tidak benar dapat membuat susu rusak atau berkurang kandungan nutrisinya. Jika hal itu terjadi, kita biasanya membuang susu tersebut walaupun baru saja membeli. Boros, bukan? 
Agar Susu Tidak Mudah Rusak
Ini ada beberapa tips menyimpan susu yang bisa dicoba di rumah masing-masing:
1)      Susu cair
Susu cair yang sudah terbuka kemasannya harus segera dimasukkan ke dalam lemari pendingin (kulkas) untuk menjaga agar susah tidak gampang basi. Tapi, di dalam kulkas pun ada waktu penyimpanannya juga lho. Penyimpanan susu di dalam kulkas dapat dilakukan paling lama 5-6 hari. Apabila susu sudah mulai terlihat mengental, sudah berbau dan berasa asam, jangan dikonsumsi.
2)      Susu bubuk
Susu bubuk tahan selama 2 tahun tergantung dari masa kadaluarsa kemasan susu tersebut. Selalu perhatikan masa kadaluarsa pada kemasan. Sediakan kaleng yang tertutup rapat untuk menghindari udara luar yang dapat menyebabkan susu menjadi menggumpal dan rusak. Jangan lupa untuk memberi tanda tanggal kadaluarsa pada kaleng penyimpanan susu tersebut.
3)      Susu kental manis 
Karena kandungan gulanya yang tinggi, susu kental manis lebih awet dari susu cair. Susu kental manis yang belum terbuka kemasannya dapat disimpan di dalam suhu ruangan. Namun apabila sudah terbuka, sebaiknya dimasukkan ke dalam kulkas untuk mencegah pertumbuhan jamur pada susu dan semut.


Ingin tahu bagaimana proses pembuatan susu 
mulai dari pemerahan susu sapi 
hingga menjadi susu yang berkualitas?

0 comments:

Post a Comment