Wednesday, May 23, 2012

Jembatan tertua di dunia ditemukan di India mengkonfirmasi kitab Ramayana


Jembatan tertua di dunia ditemukan di India  mengkonfirmasi kitab Ramayana
Pesawat ulang-alik NASA telah berhasil menemukan sebuah jembatan purba yang menghubungkan India dan Sri Lanka. Jembatan itu diperkirakan telah berumur 1.750.000 tahun dan sekaligus meneguhkan catatan yang terdapat dalam kitab kuno Ramayana.
Untuk saat ini, jembatan itu diberi nama Rama Bridge
Jembatan misterius itu terbuat dari sekumpulan beting laut sepanjang 30 km di selat Palk antara India dan Sri Lanka. Dari bentuk dan komposisinya, para ahli menyimpulkan bahwa jembatan itu dibuat oleh manusia dan bukan terjadi karena sebab alam. Legenda dan juga arkeologi menunjukkan bahwa manusia sudah mendiami Sri Lanka sejak 1.750.000 tahun yang lalu, sama dengan perkiraan umur jembatan itu.
Penemuan jembatan ini juga merupakan aspek krusial bagi peneguhan legenda misterius yang disebut Ramayana yang diperkirakan terjadi pada zaman Tretha Yuga, lebih dari 1.700.000 tahun yang lalu. Di dalam epik Ramayana, disebutkan bahwa sebuah jembatan dibangun antara Rameshwaram (India) dan pantai Srilanka dibawah pengawasan Rama yang merupakan inkarnasi ke-18 dari Krisna. 


Informasi ini mungkin tidak begitu penting bagi para arkeolog, namun paling tidak dapat membuka gerbang spiritual bagi masyarakat dunia yang ingin mengetahui sejarah yang terkait dengan mitologi India.
The Palk Selat adalah sebuah selat yang terletak di antara negara bagian Tamil Nadu di India dan negara pulau Sri Lanka. Ini menghubungkan Teluk Palk ke timur laut (dan dari situ Teluk Benggala) dengan Teluk Mannar di selatan. Selat ini 40-85 mil (64-140 km) lebar. Beberapa sungai mengalir ke dalamnya, termasuk Sungai Vaigai Tamil Nadu. Selat ini dinamai Robert Palk, yang adalah seorang gubernur Presidensi Madras (1755-1763) selama periode Kemaharajaan Britania.


Hal ini bertaburan di ujung selatan dengan rantai pulau dan karang rendah beting yang secara kolektif disebut Adam's Bridge (atau nama asli Rama's Bridge). Rantai ini terbentang antara Dhanushkodi di Rameswaram di Tamil Nadu dan Talaimannar di Mannar di Sri Lanka. Pulau Rameswaram terhubung dengan daratan India oleh Pamban Bridge.


Perairan yang dangkal dan selat karang menyulitkan kapal besar untuk melewati, walaupun perahu nelayan dan kerajinan kecil perdagangan pantai telah membawa navigasikan selat selama berabad-abad. Kapal-kapal besar harus melakukan perjalanan sekitar Sri Lanka. Pembangunan sebuah kanal pengiriman melalui selat pertama kali mengusulkan kepada pemerintah Inggris di India pada tahun 1860, dan sejumlah komisi telah mempelajari usulan hingga sekarang. Studi terbaru dari Sethusamudram Pengiriman Canal Project, seperti yang sekarang disebut, adalah sebuah penilaian dampak lingkungan dan studi kelayakan teknis yang ditugaskan oleh pemerintah Tamil Nadu pada tahun 2004.


Seperti Selat Inggris, yang Palk Selat telah diambil sebagai sebuah tantangan oleh banyak perenang jarak jauh.


India puisi epik Ramayana, ditulis ribuan tahun yang lalu dalam bahasa Sansekerta dan Hindu yang penting teks, menceritakan bagaimana Rama, dengan bantuan sepasukan vanaras, membangun sebuah jembatan batu menyeberangi laut ke Lanka untuk menyelamatkan istrinya Sita dari Asura Raja Rahwana. Karmabhumi Kambing gerakan, didorong oleh sebuah foto satelit NASA yang mereka katakan membuktikan bahwa sisa-sisa jembatan ini masih ada, dibentuk untuk mencegah pengiriman dari kanal yang sedang dibangun.


Nama Adam's Bridge adalah sebuah kemudian memainkan daripada Rama jembatan dan berasal dari cerita yang Selatan India atau Sri Lanka merupakan situs alkitabiah surga duniawi, dan bahwa Jembatan Adam diciptakan ketika Adam diusir dari surga.

0 comments:

Post a Comment