Tuesday, May 1, 2012

Simbolisme dalam Lambang Bank Indonesia


Simbolisme dalam Lambang Bank Indonesia
Versi Baru                                   Versi Lama

Lambang Bank Indonesia ada dua versi, lama dan baru. Sebenarnya bedanya cuma pada font yang digunakan saja. Keduanya saya muat di sini sebagai berikut:
Lambang Versi Lama

Simbolisme apa yang bisa di-gathuk-kan dengan lambang tersebut?


Pertama, kita bisa berimajinasi bahwa lambang BI tersebut adalah angka 13 di depan sebuah pilar. Angka 13 adalah angka keramat bagi freemasonry, illuminati dan organisasi rahasia yang terkait dengan mereka. Simbolisme angka 13 ini konon juga terdapat pada lambang McD dan Microsoft. 

Kini saatnya anda menghitung jumlah huruf pada nama anda. Jika jumlahnya 13, anda akan meraih keberuntungan yang dikaruniakan oleh setan. Simaklah nama penjahat kelas kakap dunia ini, yang terdiri atas 13 aksara: Jack the Ripper, Charles Manson, Jeffrey Dahmer, Theodore Bundy, dan Albert De Salvo.

Mereka yang bergidik dengan angka 13 tercatat menderita Triskaidekaphobia. Dan, mereka yang cemas dengan hari Jumat yang bertanggal 13 disebut menderita paraskevidekatriaphobia. Konon, ketakutan yang mereka alami itu disebabkan oleh hal-hal berikut, seperti dikutip dari situs Associated Content:
  • Bangsa Ibrani kuno menganggap 13 sebagai angka sial sebab huruf ketiga belas dalam alfabet Ibrani merupakan angka ‘M’, huruf pertama kata ‘mavet’, yang artinya mati.
  • Last Supper yang termasyhur itu dihadiri oleh 13 orang. Judas adalah yang pertama bangkit, pun yang pertama wafat.
  • Para Ksatria Templar ditangkap dan dieksekusi pada tanggal 13 Oktober 1307.
  • Di tengah masyarakat yang patriarkal, 13 dianggap sebagai angka feminin dan karena itu dianggap sebagai angka sial.


Kedua, selain bisa diartikan sebagai angka 13, lambang BI juga bisa diimajinasikan sebagai ular yang membelit sebuah tiang. Imajinasi ini lebih terlihat pada lambang lama yang bentuk font-nya lebih luwes.
Ular yang membelit tiang sering dikaitkan dengan dunia medis. yang sering disebut sebagai rod of asclepius.


Konon di yunani kuno, ular merupakan lambang pengobatan dan dipuja laksana dewa. Rod of Asclepius ini juga bisa dikaitkan dengan rasi bintang Ophiucus (yang juga menggambarkan ular dan tongkat), yaitu rasi bintang ke 13 dalam zodiak (rasi bintang tersembunyi yang tidak semua orang menyadari keberadaannya dalam zodiak). Lagi-lagi kita menemukan angka 13.
Ular, dalam simbolisme caduceus merupakan lambang bagi persaudaraan ular yang terkait erat juga dengan Freemasonry dan organisasi terkait lainnya.
Tongkat caduceus inilah yang dipegang oleh hermes, yaitu dewa yunani kuno yang dipercaya sebagai pelindung para pedagang (dunia perekonomian). BI juga terkait dengan perekonomian kan? 
Patung Dewa Hermes yang memegang Caduceus ini bisa dilihat di jembatan harmoni.

Misteri Patung di Jembatan Harmoni
jembatan harmoni tepatnya yang menghubungkan Jl.Juanda dan Jl.Veteran ada patung perunggu di atasnya?Ane yakin hanya sedikit dari kita yang memperhatikan patung tersebut...
Ternyata gan ada fakta menarik di balik patung tersebut.


Patung tersebut adalah Patung Dewa Hermes. 
Dewa Hermes di dalam mitologi Yunani digambarkan sebagai dewa pelindung para pedagang. Patung itu dipasang di Jembatan Harmoni pada tahun 1905, karena letaknya di mulut Jalan Hayam Wuruk yang saat itu sudah merupakan daerah perdagangan yang cukup ramai.


Hermes, dewa pelindung para pedagang, pelancong, penggembala, penipu, orator, penyair dan olahragawan. Kerjaan utamanya sbg tukang pos para dewa, tp kadang2 juga nyambi jadi pengantar para arwah menuju alam barzah. Tapi yg paling khas dari dewa satu ini ya larinya yg super cepat, pinter ngomong dan hobinya yg suka nipu orang


Tongkat si Hermes bernama Caduceus, yg berupa tongkat pendek yg dilingkari dua ekor ular yg membentuk double helix (seperti rangkaian DNA) dan ada hiasan sayapnya. Bedakan dengan tongkat Asclepius yg hanya dilingkari oleh SATU ekor ular dan ga ada hiasan sayapnya



Patung yang sekarang ada di jembatan Harmoni ternyata hanya replika !
Lalu kemana yang asli?Ternyata yang asli ada di halaman belakang Museum Sejarah Jakarta alias Museum Fatahillah gan....Ceritanya panjang gan...Pada agustus 1999 patung ini nyaris jatuh ke kali akibat penyangganya ditabrak mobil. Daripada jatuh ke kali, maka petugas Dinas Pekerjaan Umum menyelamatkan patung itu. Patung ini termasuk dalam benda cagar budaya yang dilindungi Pemprov DKI. Menurut arkeolog dari Universitas Indonesia Hasan Djafar, patung Hermes merupakan salah satu saksi sejarah berdirinya Kota Jakarta. Berasal dari antara abad 18 dan 19, patung ini dipercaya sebagai sebagai patung keberuntungan. Patung asli terbuat dari perunggu seberat 70 kg dan 10 tahun lalu berharga sekitar Rp 1 miliar di pasar Singapura.



Karena harga yang selangit itu, maka Gubernur DKI Jakarta pada waktu itu, Sutiyoso, memutuskan untuk menempatkan patung Hermes asli di Museum Sejarah Jakarta dan membuat replika untuk dipasang di Jembatan Harmoni. Jadi patung Hermes di Jembatan Harmoni kini adalah replika yang dibikin oleh seniman patung asal Yogyakarta, Arsono. Biaya replika patung seberat 100 kg itu Rp 150 juta. 


Harusnya, patung Hermes ada dua. Di Jembatan Harmoni dan di dekat Masjid Istiqlal yang menghadap Gereja Katedral. Tapi di tahun 1970-an patung ini hilang tak berbekas.
Gambar ASLI PATUNG HERMES di Museum Fatahilah Jakarta
Apakah dengan demikian berarti kelompok persaudaraan ular ini pernah ada di Jakarta? dan Masih ada di INDONESIA ....????




Hermes Si Dewa Keberuntungan


Hermes adalah salah satu dewa dalam mitologi Yunani, yang dianggap sebagai dewa keberuntungan, dewa pelindung bagi kaum pedagang, dan juga dewa pengirim berita. Dalam mitologi Romawi, ia disebut juga sebagai Mercurius. Hermes adalah anak Zeus dan Maia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVKrxGkdsmMvGcFufrQ4HVkvsQNoFMHr55z3w1Gas0Q_0KMObHcxX3fSchc4HUvnOxGNH3gziw2_R7r7OTcTwDP1XPCGmugD_vurYGZqqugNWtQiwcZU7YCNQxpndJHRl0DzGgt0509uE/s400/hermes_1_lg.gif
Ciri fisiknya adalah tubuh yang mungil yang selalu mengenakan topi bersayap dan juga sandal bersayap. Ia sangat cepat dalam berkata-kata dan juga berlari. Hermes menjabat sebagai pembawa pesan Zeus dan pemandu bagi roh yang menuju neraka. Hermes memiliki tongkat yang disebut Caduceus.


Ia merupakan dewa penolong bagi Odiseus ketika terjebak pada sebuah pulau. Dari hubungannya dengan Aphrodite, Hermes memiliki anak bernama Hermaphrodite. Hermes adalah dewa yang selalu bergerak. Terompah bersayap dengan tongkat perlindungan ditangannya, ia paling dikenal sebagai utusan Zeus dan pelindung para pengelana. Sesuai dengan itu, ia juga dewa pencuri dan perniagaan.
http://www.vroma.org/images/flood_images/aesclepius.jpg
Dikisahkan pada masa kecilnya ia mencuri kawanan ternak Apollo kemudian membuat harpa dari rumah kura-kura sebagai permohonan maafnya. Dikisahkan ia menolong Odysseus saat pulang dari Troya, dan sejak itu ia dihargai sebagai penolong para pengelana. Terkenal karena kekuatan fisiknya, ia juga dikenal sebagai pencipta olahraga balap lari karena ia selalu berlari cepat untuk menyampaikan pesan para dewa.

0 comments:

Post a Comment